Penyebab File Excel Menjadi Berat dan Solusinya

Tips & Tricks h3ndr4

File Excel yang berat, lama prosesnya pasti semua orang yang pernah pakai komputer pasti pernah mengalaminya, sudah tentu ini buat kita jadi kesal, gondok, dan lain sebagainya. File yang berat dapat di sebabkan oleh banyak hal dan solusinya bisa bermacam-macam juga tergantung permasalahannya. Berikut adalah beberapa macam penyebab dari File Excel menjadi berat berikut dengan solusinya :

  1. Hidden Object.
    Hidden Object artinya objek yang tersembunyi yang terkadang kita tidak sadari keberadaannya, sehingga makin lama makin menumpuk contohnya seperti Comments, rumus, shapes, dlsbnya. Hal ini akan membuat kinerja Excel menjadi berat. Adapun solusi untuk menghilangkan hidden object adalah sebagai berikut :
    a. Tekan F5 atau windows+F5, untuk membuka kotak dialog Go To
    b. Setelah kotak dialog Go To keluar, lanjutkan dengan menekan dan pilih Tab Spesial (terletak pada bagian kiri bawah kotak dialog Go To), untuk membuka kotak dialog Go To Spesial
    c. Setelah  kotak dialog Go To Spesial keluar pilih Option Object, lalu tekan OK untuk mencari hidden objectnya. Setelah seluruh hidden objectnya telah di temukan pilih option Delete untuk menghapus seluruh hidden object. Ulangi langkah ini pada sheet lainnya.
  2. Masalah Jaringan.
    Apabila File Excel di dapat dan di kerjakan melalui jaringan lokal seperti LAN, bisa jadi kalau terjadi masalah pada jaringan lokalnya file Excel yang di kerjakan akan terpengaruh juga. Solusinya adalah apabila File Excel berada pada jaringan lokal, ada baiknya file tersebut di copy terlebih dahulu ke komputer kita setelah itu baru di kerjakan.
  3. Macross atau VBA Code.
    Terlalu banyak menggunakan VBA Code juga bisa menyebabkan file excel kita menjadi berat. Solusinya adalah jangan terlalu sering menggunakan macro excel terutama untuk membuat format atau perhitungan yang tidak perlu.
  4. Terlalu banyak display animasi.
    Solusi untuk masalah ini adalah sebagai berikut :
    Untuk Windows 2003 :
    a. Tekan Tab Tools,
    b. setelah itu di tab Options klik pilih Edit,  matikan “Provide feedback with animation”.
    Pada Windows 2007:
    a. Klik pilih Office Button
    b. Setelah keluar kotak dialog Office Button, klik pilih Excel Options
    c. Pada kotak dialog Excel Option pilih tab advanced lalu uncheck kotak “Provide feedback with animation”yang terdapat pada bagian General.
  5. Conditional Formatting Rules
    Conditional Formatting Rules
    yang terlalu banyak juga sering menimbulkan file Excel menjadi berat, sehingga sebaiknya gunakan Conditional Formatting Rules seperlunya.

You Might Also Like

Most popular articles related to Penyebab File Excel Menjadi Berat dan Solusinya