Pengenalan Fitur Macro Pada Excel

Dasar Excel h3ndr4

Salah satu fitur yang ada pada Ms. Excel  versi sekarang ini adalah fitur Macro. Macro adalah sekumpulan fungsi dan perintah dalam bentuk Visual Basic. Fitur Macro di Excel menyediakan fungsi untuk merekam aktifitas yang di lakukan oleh pengguna Excel melalui Record Macro. Dengan adanya Record Macro pengguna Excel dapat merekam data yang mereka buat, sekaligus menyimpannya, sehingga apabila dalam proses pengerjaan, secara tidak sengaja data yang ada terdelete, kita bisa mengambilnya kembali di Macro Excel.

Selain merekam kita juga bisa melakukan modifikasi-modifikasi pada data yang ada di Worksheet, sehingga sesuai dengan yang di inginkan. Modifikasi pada excel tersebut dapat di lakukan pada Visual Basic Macro. Di Visual basic kita bisa memasukkan berbagai macam kode program ke dalam Module Visual Basic yang akan mempermudah dalam proses otomatisasi pekerjaan yang sering di lakukan, sehingga pada akhirnya akan menghemat banyak waktu dalam melakukan pekerjaan.

Sebagai contohnya adalah ketika kita ingin membuat sheet kita menjadi Very Hidden kita bisa memodifikasinya dengan Visual Basic yang ada di Macro. Kita juga bisa membuat  fungsi sendiri, di luar fungsi yang secara default tersedia di Excel. Caranya adalah dengan menggunakan User Defined Function (UDF).

Namun selain semua kelebihan pada Macro, Macro juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah dengan di mudahkannya para programmer memasukkan kode program, menjadikan Macro Excel menjadi lebih rentan terhadap Virus, Spyware dan di bajak oleh hacker. Untuk mengatasinya maka di dalam Macro Excel di tempatkan Macro Security yang dapat mencegah file Excel yang memiliki virus.

Demikianlah sedikit postingan saya mengenai pengenalan Macro di Excel. Mudah-mudah berguna buat semua

You Might Also Like

Most popular articles related to Pengenalan Fitur Macro Pada Excel