Menggunakan Fungsi IF Bertingkat Pada Worksheet Excel

Tutorial Excel h3ndr4

Rumus IF adalah rumus logika yang menggunakan suatu kondisi atau argumen atau statement sehingga di dapatkan hasil TRUE atau FALSE. Di dalam pekerjaan fungsi IF sangat beguna untuk membuat suatu pengkategorian dari suatukondisi atau kriteria atau statement tenrtentu. Dalam penggunaannya kita bisa membuat Fungsi IF secara bertingkat yang sering di sebut Fungsi IF Bertingkat.

Fungsi IF Bertingkat Pada Ms. Excel

Fungsi IF bertingkat adalah bentuk penggunaan fungsi IF dalam Ms. Excel dengan memberikan lebih dari satu kondisi atau kriteria. Apabila satu kondisi tidak terpenuhi maka di berikan kondisi yang lain sehingga mendapat hasil yang di inginkan. Fungsi IF dapat di gunakan untuk melakukan pengkategorian data, dimana kategori atau klasifikasi yang hendak di capai ada lebih dari satu ,dengan menggunakan kriteria atau kondisi yang telah di berikan.

Adapun perbedaan antara Fungsi If Tunggal dan Fungsi IF Bertingkat di lihat dari banyaknya kriteria atau kondisi yang di gunakan. Pada Fungsi IF tunggal hanya menggunakan 1 Kriteria atau kondisi, sehingga apabila kriteria tidak terpenuhi maka nilai yang di dapat adalah False dan bila Terpenuhi Nilainya dalah True. Sedangkan pada Fungsi IF bertingkat karena hasil yang di inginkan adalah pengkategorian atau lebih dari 1 Nilai True, maka apabila satu kiondisi tidak terpenuhi, amaka di berikan kondisi atau kriteria ke 2, ke 3 dan selanjutnya sampai seluruh kategori atau Nilai yang di inginkan terpenuhi.

Langkah Menggunakan Fungsi IF Bertingkat

Agar teman-teman bisa lebih mengerti mengenai Fungsi IF Bertingkat, maka saya akan memberikan contoh sebagai bentuk praktek penggunaan Fungsi IF Bertingkat.

Contoh :

Dari Tabel Kode barang Elektronik di bawah ini, berikan Jenis barang yang tepat sesuai dengan kode barang tersebut dan isikan pada tabel Daftar Barang Elek tronik di bawah ini
Screenshot_11

Untuk menyelesaikan tugas tersebut, langkah yang akan kita lakukan adalah sebagai berikut:

Ketikkan Rumus berikut pada Cell F3
=IF(E3=$A$3;”Komputer”;IF(E3=$A$4;”Laptop”;IF(E3=$A$5;”Televisi”;IF(E3=$A$6;”Kulkas”;IF(E3=$A$7;”AC”;”Tidak Ada Kode”)))))

Keterangan :

  • E3=$A$3, E3=$A$4, E3=$A$5, E3=$A$6, E3=$A$7 : Kondisi atau Kriteria yang harus di penuhi agar Nilai berupa Jenis barang yang sesuai kode di dapatkan
  • “Komputer”, “Laptop”, “Televisi”, “Kulkas”, “AC”   : Nilai True yang dinginkan untuk di dapat apabila Kriteria atau kondisi terpenuhi.
  • “Tidak Ada Kode”                                                                       : Nilai False yang akan di dapat apabila Nilai True tidak ada yang di dapat

Setelah kita mengetikkan rumus tersebut pada Cell F3, maka Klik Tahan dan drag sampai Cell F11, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Screenshot_12

You Might Also Like

Most popular articles related to Menggunakan Fungsi IF Bertingkat Pada Worksheet Excel