Menggunakan Conditional Formatting untuk Menandai Data Duplikat Dengan Cepat

Tips & Tricks h3ndr4

Duplikat data atau data yang sama pada suatu Tabel data yang jumlahnya mencapai ribuan adalah suatu hal sangat mungkin terjadi.Untuk menemukan Data Duplikat tersebut bukanlah hal yang mudah, membutuhkan waktu yang cukup lama dan perhatian yang lebih untuk mencarinya. Namun pada program Ms. Excel hal ini adalah hal yang mudah dan dapat di lakukan dengan cepat salah satunya adalah dengan menggunakan Fitur pembantu Excel Conditional Formatting : Duplicate Values

Pengertian Conditional Formatting : Duplicate Values

Seperti yang sudah saya jelaskan pada Posting sebelumnya bahwa Conditional Formatting adalah salah satu fitur dalam Excel yang berfungsi untuk menandai suatu Data, dengan menggunakan Rule yang di tetapkan. Sama dengan fungsi rule yang lainnya yang ada pada Conditional Formatting – Duplicate Values juga di tujukan untuk menandai data yang kita kehendaki, bedanya adalah Duplicate values menandai data-data yang sama atau Duplicate Value dari sejumlah data yang ada.

Langkah – langkah Menggunakan Conditional Formatting Duplicate Values

Untuk lebih memahami cara menggunakan Conditional Formatting Duplicate Values, kita  akan menggunakan contoh.

Contoh

Berikut adalah Tabel  Nama 15 Orang karyawan Pada Suatu perusahaan, cari dari 15 data tersebut Nama yang sama dan tandai
Screenshot_13

Untuk menemukan data yang sama dan menandainya kita bisa menggunakan Conditional Formatting Duplicate Values, caranya adalah :

  1. Blok Cell yang ingin di cari data yang sama yaitu Cell B3 sampai B17
    Screenshot_14
  2. Setelah itu Klik Conditional Formatting
  3. Lalu Klik pilih Highlight Cell Rules
  4. Lalu Pilih Duplicate Values
    Screenshot_15
  5. Setelah keluar Kotak Dialog Duplicate Values, pilih pada Dropdown menu di sebelah kiri Duplicate dan di sebelah kanan Kotak Options Values With pilih Format tanda yang akan di berikan pada Duplikat Value (Pada Contoh tandanya berupa Fill Light Red dan Font Text Dark Red (Light Red FillWith Dark Red Text))
    Screenshot_16
  6. Hasilnya menjadi sebagai berikut
    Screenshot_17

You Might Also Like

Most popular articles related to Menggunakan Conditional Formatting untuk Menandai Data Duplikat Dengan Cepat