Mengenal Tipe Error Pada Excel dan Cara Mengatasinya

Dasar Excel h3ndr4

Pada saat bekerja dengan suatu program tidak terkecuali Excel, terkadang kita menghadapi Error atau kesalahan. Error biasanya terjadi dari kesalahan yang terjadi karena adanya kesalahan dalam menginput data, formula dan lainnya, yang akhirnya mengakibatkan tidak tercapainya nilai atau hasil yang di inginkan.

Pada dasarnya ada 7 macam Error pada program Excel, ke 7 macam error tersebut adalah sebagai berikut :

  1. #NULL! atau Null Error
    Error ini terjadi apabila range yang di pakai di dalam formula tidak berpotongan atau tidak berinterinsect, misal pada saat menulis formula kita lupa menuliskan (:) atau (,) atau(;) sebagai intersect antar range. Untuk mengatasinya kita perlu menambahmbahkan intersect yang kurang apakah itu (:), (,) dan lain-lain
  2. #DIV/0! atau Divide by Zero Error
    Error ini terjadi karena ada bilangan yang di bagi dengan 0 atau Cell yang kosong. Untuk mengatasinya kita harus melakukan koreksi terhadap formula yang di buat.
  3. #VALUE! atau Error in Value
    Error ini terjadi karena adanya kesalahan dalam penggunaan value. Error in Value sama saja seperti mengatakan ada yang salah dalam rumus yang anda ketik atau ada yang salah dengan Cell yang menjadi referensi, contoh penyebab Error In Value seperti mengalikan antara Value dengan Text. Untuk mengatasinya pastikan formula yang anda sudah benar valuenya.
  4. #REF! Invalid Cell Reference Error
    Error ini terjadi karena di dalam rumus merujuk kepada Cell yang tidak valid. Hal ini sering karena kolom yang ada terhapus. Untuk mengatasinya kita bisa menyesuaikan rumus agar sesuai misal kita salah mengetik rumus yang seharusnya merujuk ke rentang Cell, namun rumus merujuk ke Cell individu. Atau bisa juga dengan mengundo Action yang sudah di lakukan dengan cara klik icon Undo atau tekan Ctrl+Z.
  5. #NAME? atau Invalid Name Error
    Error ini terjadi karena adanya kesalahan dalam memilih fungsi, rumus atau formula yang di gunakan, Untuk mengatasinya kita bisa memeriksa suggestion formula yang di berikan Excel, dan periksa kembali apakah ada kesalahan dalam penulisan Formula atau Rumus.
  6. #NUM! atau Number Error
    Error ini sering terjadi karena adanya kesalahan dalam penulisan Value angka pada Formula. Untuk mengatasinya coba cek kembaliapakah value angka di dalam rumus sudah di tulis secara benar atau belum.
  7. #N/A atau Value Not Available Error.
    Error ini sering terjadi pada saat Value yang di tuju atau Cell yang di referensi tidak ada, biasanya terjadi pada saat menggunakan fungsi VLOOKUP, HLOOKUP. LOOKUP dan lainnya.

Demikianlah postingan saya mengenai Jenis error pada Excel dan cara mengatasinya. Mudah-mudahan bisa berguna buat teman-teman

You Might Also Like

Most popular articles related to Mengenal Tipe Error Pada Excel dan Cara Mengatasinya