Jenis dan Perbedaan Extension File Microsoft Excel

Dasar Excel h3ndr4

Pada saat kita telah selesai mengerjakan pekerjaan kita di Program Microsoft Excel, hal yang selanjutnya kita lakukan adalah mensave pekerjaan kita dan menentukan jenis Extension yang akan kita gunakan untuk menyimpan file Excel  yang telah kita selesai kerjakan. Extention untuk sebuah file termasuk file Excel adalah suatu hal yang penting. Berikut dalam postingan ini saya akan bahas lebih lanjut mengenai macam-macam extension pada file excel dan perbedaannya.

Pengertian dan fungsi Extension File Excel

Extension adalah informasi tentang berkas digital atau file yang kita simpan berupa nama extension, dan biasanya di tuliskan setelah tanda titik pada nama file. Extension pada File Excel menjelaskan mengenai jenis file Excel yang di simpan dan program yang ada di dalamnya seperti ekstension  .xlsm yaitu file excel dengan  program Macro Enabled. Dengan adanya extension file pada file Excel kita jadi dapat membedakan program apa yang ada pada file Excel kita.

Jenis-jenis Extension pada File Excel dan Perbedaannya

Extension pada file excel ada beberapa macam dan masing-masing memiliki perbedaan, berikut akan di jelaskan jenis dari extention pada file Excel dan perbedaannya :

  1. File .xls adalah bentuk default Worksheet Ms. Excel 2003 dan tahun sebelumnya (versi Excel 12 ke bawah. File .xls berbasis BIFF dan bisa untuk menyimpan Macro.
  2. File .xlsx adalah bentuk format default dari Worksheet Ms. Excel 2007, 2010, dan 2013. File.xlsx berbasis format XML dan karena adanya alasan keamanan, file dengan extension .xlsx tidak bisa menyimpan Macro.
  3. File .xlsm adalah bentuk format worksheet pada Ms. Excel 2007, 2010 dan 2013. File .xlsm sama dengan file .xlsx menggunakan basis format XML, perbedaannya hanya file dengan extension .xlsm bisa untuk menyimpan Macro VBA
  4. File .xlsb adalah bentuk format extension file pada Ms. Excel 2007, 2010 dan 2013. File .xlsb juda berbasis format XML, hanya saja di kodekan dalam bentuk biner, agar performanya file dengan .xlsb dapat jauh lebih cepat dan lebih efesien walaupun bekerja dengan ribuan baris dan kolom.

Demikianlah postingan ini saya sampaikan. Mudah-mudahan dengan mengetahui jenis dan perbedaan extension program Ms. Excel,  teman-teman jadi bisa memilih jenis extension apa yang akan di gunakan untuk menyimpan file Excel, sehingga sesuai dengan kebutuhan.

You Might Also Like

Most popular articles related to Jenis dan Perbedaan Extension File Microsoft Excel