Cara Mudah Menggunakan Fungsi OR pada Microsoft Excel

Tutorial Excel h3ndr4

Fungsi Logika pada Excel memiliki banyak macam, salah satunya adalah Fungsi OR. Fungsi OR adalah suatu fungsi yang memberikan nilai True apabila salah satu dari Argumen atau kondisi atau Criteria yang di tentukan memiliki Nilai True, dan bernilai False apabila kedua argumen bernilai False. Sebagai contoh ada seseorang yang akan pergi ke lampung dia bisa pergi dengan menggunakan kapal laut atau menggunakan kapal terbang. Walaupun hanya salah satu dari pilihan itu terpenuhi kondisinya seperti orang itu memutuskan naik kapal terbang, maka hasilnya akan tetap bernilai TRUE karena ia tetap akan sampai di Lampung.

Fungsi OR juga berfungsi untuk membandingkan 2 kondisi atau argumen untuk menghasilkan hasil TRUE atau FALSE. Adapun bentuk baku dari Rumus Fungsi OR adalah sebagai berikut :

=OR(argumen1,argumen2, argumen3,……)

Jika Rumus tersebut dijalankan, maka nilai yang akan dihasilkan adalah TRUE atau FALSE. Agar TRUE atau FALSE tersebut memiliki nilainya, maka fungsi OR pada umumnya  digabungkan penggunaannya dengan Fungsi IF, hingga fungsi ini umumnya di sebut dengan Fungsi IF-OR. Untuk memahami lebih lanjut mengenai fungsi ini, maka akan saya beri contoh sebagai berikut :

Berikut adalah Tabel Penjualan 7 Barang Elektronik
Screenshot_7

Berikan Tanda Barang elektronik yang akan di beri diskon 10%, dengan ketentuan apabila barang elektroniknya berupa Televisi, Kulkas dan Laptop berikan diskon, selain itu jangan berkan diskon.

Untuk memberikan hasil seperti apa yang di perintahkan di atas, maka pada Cell C3 kita ketikkan rumus sebagai berikut :

=IF(OR($B3=”Televisi”;$B3=”Kulkas”;$B3=”Laptop”);10%;0)

Setelah itu klik than dan drag bagian sebelah kanan bawah, maka akan di dapat hasil sebagai berikut:
Screenshot_8

 

You Might Also Like

Most popular articles related to Cara Mudah Menggunakan Fungsi OR pada Microsoft Excel