Cara Mudah Menggunakan Fungsi ISBLANK

Tutorial Excel h3ndr4

Fungsi ISBLANK adalah salah satu anggota dari kelompok fungsi IS. Fungsi ISBLANK memiliki kegunaan untuk mencari Cell kosong atau Nilai Kosong. Apabila dalam suatu Cell di ketemukan nilai kosong, maka akan menghasilkan nilai TRUE, sebaliknya apabila tidak di temukan Nilai kosoang, maka akan menghasilkan nilai FALSE. Syntax dari fungsi ISBLANK adalah sebagai berikut :

=ISBLANK(VALUE)

Keterangan :

Value : Nilai atau Cell yang akan di periksa

Apabila kita ingin mengubah Nilai yang di hasilkan agar tidak lagi menjadi TRUE/FALSE tetapi menjadikata lain, maka kita perlu menggabungkan Fungsi ISBLANK dengan fungsi IF.

Misal, sebuah perusahaan x mengecek gudang mereka untuk persediaan barang yang masih ada. Berikut adalah tabel hasil pengecekan tersebut.
Screenshot_1

Berikan keterangan “Ada” apabila masih ada persediaan barang di gudang, dan berikan keterangan “Kosong” kalau tidak ada barang di gudang.

Untuk menjawab persoalan tersebut maka selain fungsi ISBLANK kita, akan menambahkan juga fungsi IF, maka rumusnya akan menjadi sebagai berikut :

=IF(ISBLANK(D3),”Kosong”,”Ada”)

Kita ketik rumus tersebut di Cell E3, lalu drag sampai ke Cell E9, maka hasilnya akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini.
Screenshot_2

You Might Also Like

Most popular articles related to Cara Mudah Menggunakan Fungsi ISBLANK