Cara Mudah Menggunakan Conditional Formatting Top/Bottom 10%

Dasar Excel h3ndr4

Pada postingan yang lalu dengan judul Tutorial Menggunakan Conditional Formatting Untuk Menandai Nilai Terbesar dan Terkecil, sudah di jelaskan bahwa Conditional Formatting Top/Bottom Percentage adalah salah satu bentuk Conditional Formatting Top/Bottom Rules. Sama dengan jenis Top/Bottom Rules lainnya, Top/Bottom Percentage menandai Cell yang memiliki data tertinggi dan terendah dengan format yang kita inginkan, perbedaanya hanyalah pada penentuan banyaknya data tertinggi /terendah yang akan di tandai, apabila 10% maka hasil data tertinggi yang di dapat adalah 10% dari jumlah populasi data yang akan di tandai data tertinggi/terendahnya, misal jumlah data adalah 10 data apabila menggunakan Top/Bottom Percentage maka data yang akan di tandai hanyalah 1, karena 10% dari 10 adalah 1

Penandaan Cell dengan menggunakan Top/Bottom 10 percentage , memiliki kegunaan antara lain untuk keperluan pemrosesan data statistik yang menggunakan persentase. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut (menggunakan contoh):

Di bawah ini tabel data 10 SMU dengan yang memiliki persentase angka lulusan yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri
Screenshot_34
Temukan dan tandai 30% dari jumlah smu pada tabel yang memiliki data tertinggi

Untuk mendapatkan hasil seperti yang di inginkan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik dan Sorot Cell C3-C12
    Screenshot_35
  2. Klik Conditional Formatting, setelah itu klik pilih Top 10 %,lalu akan keluar Kotak Dialog Top 10 %. Screenshot_36
  3. Pada Kotak Dialog Top 10%, pada kotak sebelah kanan ketik 30 dan pada sebelah kiri klik pilih format yang akan di pakai untuk penandaan (pada contoh Light Red With Dark Red Text), setelah itu klik OK.
    Screenshot_37
  4. Maka hasilnya menjadi sebagai berikut :
    Screenshot_38
  5. Setelah itu klik kembali Conditional Formatting, lalu klik pilih Bottom 10%, setelah itu akan keluar Kotak Dialog Bottom 10%.
    Screenshot_39
  6. Pada Kotak Dialog Bottom 10 % di kotak sebelah kanan ketik angka 30 dan di sebelah kiri klik pilih format tanda yang di inginkan (Pada Contoh Yellow Fill With Dark Yellow Text), lalu klik OK. Screenshot_40
  7. Maka hasilnya menjadi sebagai  berikut :
    Screenshot_41

You Might Also Like

Most popular articles related to Cara Mudah Menggunakan Conditional Formatting Top/Bottom 10%