4 Fungsi Untuk Menghilangkan Error di Excel

Tutorial Excel h3ndr4

Error pada value di Cell menjadi satu hal yang pastinya menyulitkan dalam memproses data. Kita harus mencari dahulu error yang ada pada Formula atau pada data refference. Selain hal tersebut ada cara lain di Excel agar Error tersebut tidak tampil, salah satunya adalah menggunakan Fungsi di Excel.

Fungsi memiliki kegunaan yang hampir sama seperti bahasa pemrograman atau koding. Fungsi memiliki kegunaan untuk melakukan perhitungan-perhitungan (Penambahan, Pengurangan, Logika, Rata-Rata, dll) yang melibatkan jumlah data yang sangat banyak. Termasuk dalam menghilangkan error pada data, karena pada dasarnya dengan adanya error pada data referensi ataupun pada formula yang di gunakan akan mempengaruhi proses perhitungan yang terjadi.

Pada dasarnya ada 4 Fungsi yang dapat menghilangkan error atau tampilan error, 4 fungsi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi IFNA
    Fungsi IFNA adalah rumus Excel Logika yang bisa mengembalikan nilai yang kita tentukan, apabila terjadi error #N/A, apabila tidak ada error maka akan menghasilkan nilai awal atau rumus awal. Dengan kata lain apabila data yang di cari tidak diketemukan maka tidak akan menghasilkan error, sebagai gantinya tidak menghasilkan apa-apa (kosong) Syntax dari fungsi IFNA adalah sebagai berikut :
    =IFNA(value;value_ifna)
    Keterangan:
    value : nilai yang diperiksa
    value_ifna : nilai yang dihasilkan jika kesalahan atau error #N/A
    Fungsi ini memiliki kelemahan yaitu hanya dapat di gunakan untuk Microsoft Excel tahun 2013
  2. Fungsi IFERROR
    Fungsi IFERROR di gunakan untuk mengecek jika terjadi kesalahan yang menghasillkan error seperti DIV/0, # VALUE, #N/A, dst. Jika error di temukan maka fungsi ini akan menggantinya atau menghilangkannya. Syntax dari Fungsi IFERROR adalah sebagai berikut.
    =IFERROR(value; value_if_error)
    Fungsi ini di gunakan pada Microsoft Excel periode 2007/2010
  3. Fungsi ISERROR
    Fungsi ISERROR atau ISERR di gunakan untuk nemeriksa nilai tertentu menghasilkan error atau tidak, lalu mengembalikan nilai TRUE atau FALSE tergantung pada hasilnya. Syntax dari Fungsi ISERROR adalah sebagai berikut :
    =ISERROR (Value)
  4. Fungsi ISNA
    Fungsi ISNA  di gunakan untuk mengecek apakah terjadi error #N/A pada fungsi VLOOKUP, dan menghasilkan nilai TRUE apabila terdapat error #N/A, apabila tidak ada maka nilainya FALSE. Syntax dari fungsi ISNA adalah sebagai berikut :
    =ISNA(Value)

You Might Also Like

Most popular articles related to 4 Fungsi Untuk Menghilangkan Error di Excel