4 Cara Mudah Print File Excel Dengan Rapi, Tidak Terpotong dan Sesuai Kertas

Tips & Tricks h3ndr4

Teman-teman pernah gak mengalami print file Excel terpotong-potong, tidak rapi dan tidak sesuai  dengan ukuran kertas, mengesalkan bukan?.  Kalau pernah berarti kita senasib. Dari pengalaman saya print file excel  dengan rapi dan sesuai dengan ukuran kertas yang di gunakan, bukanlah hal yang mudah. Excel bukanlah sebuah program seperti Ms Word di mana kita bias dengan mudah mengeprint file yang ada hanya dengan menekan Ctrl+P atau  mengklik option Print pada tombol File. Untuk mengeprint File Excel kita harus terlebih dahulu membuat mensetting skalanya dahulu agar File yang di print jadi tidak terpotong.

Ada  4 cara untuk print file Excel dengan rapi yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan Options Set Print Area

Set Print Area adalah salah satu Options pada Toolbar Print Area yang ada pada Menu Page LayOut.

Cara print file excel ini di lakukan dengan sebagai berikut :

a. Blok Area Cell pada Worksheet Excel yang akan di print
Contoh :
Screenshot_52
b. Klik Page Lay Out >>>>> Print Area >>>>> Set Print Area, setelah itu tinggal tekan Ctrl+P  atau klik                option Print pada Tombol Office.
Screenshot_53

2.  Menggunakan Page Break View pada Menu View.

Page Break pada Excel di gunakan untuk memutuskan atau memisahakan antara satu tampilan print out file excel dengan tampilan print out lainnya. Sama seperti menggunakan set print area kita bisa membuat hasil print out menjadi lebih rapi dan sesuai dengan uukuran kertas yang ada. Adapun langkah menggunakan page break preview  sebagai berikut.

a. Pada Worksheet excel yang ingin di print Klik Menu View >>>> Page Break View atau dengan cara                          mengklik icon Pagebreak Preview yang ada pada bagian sebelah kanan bawah worksheet excel
Screenshot_54
b. Pada tampilan Page Break Preview akan muncul garis biru solid dan garis biru putus-putus yang merupakan                batas antara halaman. Sesuaikan Area yang akan di print agar sesuai dengan ukuran kertas dengan                                menggerakkkan garis biru solid dan garis biru putus-putus yang ada di seblah kanan dan bawah tampilan.                    Apabila seluruh area sudah sesuai dengan ukuran kertas, Tekan Ctrl+P atau klik Option Print pada Office           Button.

3. Menggunakan Toolbar Page Setup

Cara menggunakan Menu Page Setup untuk merapikan print area adalah dengan cara:
a. Klik Toolbar Page Setup pada Menu Page Layout, setelah itu akan muncul kotak dialog Page Setup
Screenshot_55

b. Pada Kotak dialog Page Setup klik pilih pada bagian Orientation option Portrait atau Landscape untuk                tampilan printout vertikal / horizontal, kalau sudah, agar tampilan lebih pas dengan ukuran kertas dan lebih                rapih, pada bagian Scalling option Adjust To, perbesar atau perkecil persentasenya untuk memperbesar                    atau memperkecil tampilan  agar sesuai ukuran kertas. Atau langsung saja klik Fit To, maka secara otomatis                tampilan print out akan sesuai dengan ukuran kertas. Kalau sudah sesuai Tekan Ctrl+P atau klik Option                 Print pada Office Button.
          Screenshot_56
Cara lain adalah Pada Kotak dialog Page Setup klik Tab Margin, sesuaikan batas kanan dengan                                       perbesar/perkecil angka pada bagian Right, sesuaikan batas kiri dengan perbesar/perkecil angka pada bagian             Left, sesuaikan batas Atas dengan perbesar/perkecil angka pada bagian Top dan sesuaikan batas bawah                       dengan perbesar/perkecil angka pada bagian Bottom, agar seluruh area print out seuai dengan ukuran kertas           sehingga hasil print tidak ada yang terpotong. Apabila sudah sesuai  Tekan Ctrl+P atau klik Option Print                pada Office Button.
Screenshot_57

4. Menggunakan Oprions Print Preview pada Office Button

Caranya adalah sebagai berikut :

a. Klik Office Button >>>> Print Preview

b. Pada Tampilan Print Preview beri tanda centang pada option Show Margin, lalu sesuaikan margin                 atas, bawah, kanan, kiri hingga sesuai ukuran kertas, Kalau sudah sesuai klik Option Print.
Screenshot_58

 

You Might Also Like

Most popular articles related to 4 Cara Mudah Print File Excel Dengan Rapi, Tidak Terpotong dan Sesuai Kertas